Tuesday, December 13, 2005

Oktober, Telkomsel Tunjuk Mitra Vendor 3G

JAKARTA-PT Telkomsel akan menunjuk mitra vendor pembangunan jaringan infrastruktur seluler generasi ketiga (third generation/3G) pada Oktober 2005.
Saat ini, dalam ujicoba layanan 3G, Telkomsel menggandeng tiga vendor yaitu Siemens, Nokia dan Ericsson.
“Kita belum putuskan siapa mitra vendornya. Bisa saja hanya satu vendor yang kita pilih. Kita pilih tawaran yang terbaik. Termasuk dari sisi teknologi dan harga,” ujar Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Bambang Riadhy Oemar, kepada Investor Daily, belum lama ini, di sela ujicoba layanan 3G Telkomsel di CommunicAsia 2005, Singapura.
Selama ujicoba layanan 3G sejak Mei 2005, Telkomsel menggandeng ketiga vendor di atas. Ia menuturkan, terbuka kesempatan ketiga vendor tersebut terlibat dalam pembangunan infrastruktur anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) itu.
“Ujicoba berlangsung selama enam bulan dengan memanfaatkan 5 Megahertz (MHz) frekuensi yang dipinjamkan pemerintah,” tambah Bambang.
Menurut dia, selama ujicoba layanan videostreaming Telkomsel berlangsung mulus. Namun, kata dia, ujicoba antar-jaringan operator masih belum berlangsung mulus. “Perlu diujicoba lagi layanan antar-operator,” katanya.
Guna ujicoba layanan 3G, Telkomsel merogoh kocek lebih dari Rp 20 miliar (satu jaringan US$ 250).
Telkomsel juga mengaku siap melayani akses 3G di jaringan internasional.

Ikut Tender
Bambang mengatakan, Telkomsel siap mengikuti tender 3G yang akan digelar pemerintah dalam waktu dekat ini. “Kami berharap minimal mendapat 10 MHz,” tukas dia.
Setelah lisensi diperoleh, Telkomsel segera masuk pasar dan mematok target pelanggan sedikitnya 300.000 pada 2005.”Kami optimistis, apalagi pelanggan GPRS kita sudah mencapai 3,5 juta,” kata Bambang.
Sementara itu, SVP Commerce Jabotabek & Banten Regional Office PT Indosat Tbk Fadzri Sentosa menuturkan, pasar pengguna 3G di kawasan Jabotabek dan Banten cukup potensial. “Ada pasarnya. Dari total pengguna seluler sekarang,sekitar 7% akan mencoba 3G, jika mereka puas akan makin meluas,” katanya, baru-baru ini di Singapura.
Menurut dia, saat ini Indosat belum memikirkan berapa besaran tariff untuk layanan 3G. “Kita akan ujicoba dahulu,kemudian test pasar. Soal harga sangat dipengaruhi isi layanan 3G,” kata Fadzri.(tri/ed)

Investor Daily, 18 Juni 2005

0 Comments:

Post a Comment

<< Home