Tuesday, April 26, 2005

Per April 2005, Telkomsel Layani 18,5 Juta Pelanggan

JAKARTA- Hingga akhir April 2005, PT Telkomsel memiliki sekitar 18,5 juta pelanggan.
Selain, didukung produk andalannya Simpati dan Kartu Halo, penambahan jumlah pelanggan Telkomsel juga didongkrak kesuksesan penjualan Kartu As yang kini telah memiliki 4,8 juta pelanggan.
“Kartu As merupakan kartu prabayar yang sangat fenomenal. Hanya dalam waktu 11 bulan sejak diluncurkan, pertumbuhan kartu As menunjukkan angka yang fantastis,” kata Erik Meijer, vice president marketing & CRM PT Telkomsel, Senin (25/4), di Jakarta.
Erik menuturkan, salah satu pemicu perkembangan produk perseroan yang tinggi itu adalah penerapan strategi inovasi produk yang berkelanjutan, terutama untuk produk prabayar. Seperti produk Simpati, sejak awal tahun, pihaknya telah menyediakan tiga inovasi produk, yakni Simpati Paket Hemat, Simpati 10 HOKI, dan Simpati Panen Poin.
Demikian juga, dengan produk kartu As, perseroan juga melanjutkan pengembangan beberapa inovasi. Setelah meluncurkan program ribuan hadiah, kini, perseroan memberikan program 10 SMS gratis bagi pelanggan kartu As.
“Kejutan semacam ini akan terus berlanjut,” tambah Erik.
Mengenai program terbaru SMS Cuma-Cuma dari Kartu As, Erik menjelaskan, perseroan akan memberikan gratis 10 SMS bagi pelanggan yang menggunakan pulsa senilai Rp 25 ribu dan kelipatannya. SMS gratis ini bisa digunakan untuk mengirim pesan ke sesama pelanggan kartu As yang kini jumlahnya telah mendekatai hampir 5 juta. Trafik pelanggan antara Kartu As sendiri kini mencapai 60%-70%.
Melalui program SMS Cuma-Cuma, Telkomsel berharap dapat mendongkrak pemakaian pulsa. Sehingga ARPU (Average Revenue Per User) Kartu As, yang saat ini baru mendekati Rp 50 ribu, dapat ditingkatkan hingga mencapai batas ARPU kartu prabayar normal yakni di atas Rp 75 ribu.
Seperti diberitakan, Kartu As memang merupakan kartu yang dikeluarkan untuk membidik pasar kelas menengah ke bawah, sehingga ARPU kartu ini memang tidak setinggi kartu prabayar Simpati.

Strategi Tepat
Di tempat terpisah, Presdir PT Emslanindo Prama Sutikno Teguh, main dealer Telkomsel untuk wilayah Jawa Barat menegaskan, strategi Telkomsel terhadap Kartu As tersebut cukup bagus bagi pelanggan. Namun, “Tidak terlalu signifikan mengingat operator sejenis juga melakukan upaya yang sama,” kata Teguh, Senin.
Menurut dia, inovasi Telkomsel dapat mendorong penjualan kartu seluler. “Di Jawa Barat setiap bulan sedikitnya terjual 132 ribu kartu Telkomsel. Sekitar 60 ribunya adalah Kartu As,” kata dia.
Ia menambahkan, wilayah Jawa Barat memberi kontribusi sekitar 8% dari total penjualan kartu Telkomsel secara nasional.
Sementara itu, pengamat telekomunikasi Heru Sutadi mengatakan, tingginya pencapaian jumlah pelanggan Telkomsel merupakan salah satu hasil penerapan strategi perseroan yang tepat. Demikian juga dengan keberhasilan penjualan Kartu As. Menurut dia, produk ini banyak dilirik masyarakat setelah perseroan mampu memberikan nilai tambah yang pas bagi segmen pelanggan yang dituju.
Heru juga melihat, di samping rajin mengeluarkan inovasi baru, anak perusahaan PT Telkom Tbk ini dinilai juga telah berhasil mensosialisasikan programnya ke masyarakat. Hal tersebut tentu saja dapat mendukung pemasaran produk-produknya.
“Besarnya kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan juga terjadi karena Telkomsel mampu mempertahankan keunggulannya di bidang penguasaan jaringan,” lanjut Heru. Saat ini, tercatat jaringan Telkomsel telah didukung oleh sekitar 6.600 base tansceiver station (BTS) dengan 54.000 transmitter (TRx), 190 base perfomance network (BSC), dan 60 mobile swicthing center (MSC). (tri/ed)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home