Monday, August 01, 2005

Satelit Telkom 2 Diluncurkan Oktober

JAKARTA-Manajemen PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memastikan bahwa peluncuran satelit Telkom 2 akan dilaksanakan dua bulan mendatang.
“Peluncuran satelit Telkom 2 akan diluncurkan Oktober 2005,” ujar Wakil Direktur Utama Telkom Garuda Sugardo, kepada Investor Daily, di Jakarta, akhir pekan lalu.
Ia menjelaskan, pihaknya sudah mendapat kepastian dari pabrikan satelit, Orbital Sciences Corporation AS bahwa ‘perbaikan’ satelit tersebut telah rampung.
Sebelumnya, Head of Corporate Communications Telkom Mundarwiyarso menegaskan, kepastian peluncuran satelit Telkom 2 menunggu pengecekan launch integration system roket peluncur. Semula, satelit tersebut akan diluncurkan pada minggu ketiga Juni 2005.
Satelit Telkom 2 merupakan pengganti satelit Palapa B4 Telkom. Peluncurannya akan dilakukan oleh Arianespace bersamaan dengan satelit milik Departemen Pertahanan Prancis.
Satelit senilai US$ 160 juta itu diperkirakan menghabiskan biaya sekitar US$ 62,9 juta untuk peluncurannya. Satelit akan diluncurkan di Tanjung Kourou Guyana Prancis.
Telkom 2 dipesan dari Orbital Sciences Corporation AS dan bakal menggantikan Palapa B-4 yang masa edarnya (life time) telah habis. Palapa B-4 telah diperpanjang hingga empat tahun. Saat ini, masih ada enam transfonder di B-4 yang seluruhnya dimanfaatkan untuk internal Telkom.
Posisi Telkom 2 pada 118 derajat lintang timur dan dalam operasinya akan memperluas ruang lingkup Telkom di kawasan Indonesia bagian barat, selain Asia Selatan dan daratan India. Satelit yang memiliki life time sekitar 15 tahun itu memiliki 24 transfonder.
Selain untuk internal Telkom, juga akan dimanfaatkan untuk melayani pelanggan komersial. Perbandingan yang disewakan dan dimanfaatkan sendiri sekitar 60 banding 40. Penyewa satelit Telkom di antaranya adalah kalangan perbankan dan stasiun televisi. Beberapa link Palapa B-4 pada Februari 2005 telah dipindahkan ke satelit China Star dan Telkom 1. (ed)

Labels:

1 Comments:

Blogger Sandra ovia said...

Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, kredit untuk merencanakan untuk tahun baru mendatang, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun yang akan datang ini dan juga untuk renovasi rumah Anda di tahun baru. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

9:58 AM

 

Post a Comment

<< Home