Wednesday, July 20, 2005

Agustus, Telkomsel Uji Coba 3G di Batam dan Surabaya

MAKASSAR-PT Telkomsel telah mendapat izin ujicoba seluler generasi ketiga (3G) di Batam dan Surabaya. "Kami akan uji coba Agustus dengan menggunakan frekuensi 5 Mega hertz (MHz)," ujar Kiskenda Suriahardja, dirut Telkomsel kepada Investor Daily, usai meresmikan Gedung Telkomsel Telecommunication Center (TTC), di Makassar, Selasa (19/7).
Ujicoba tersebut merupakan kelanjutan duakali uji coba di Jakarta.
Menurut Kiskenda, pada uji coba pertama berlangsung mulus. Sedangkan evaluasi untuk uji coba tahap kedua di Jakarta diperkirakan selesai akhir tahun ini.
Ia optimistis layanan komersial 3G Telkomsel akan beroperasi pada 2006. Anak usaha PT Telkom tersebut akan membidik 3,5 juta pengguna layanan GPRS di perseroannya.
Saat disinggung mengenai lisensi frekuensi 3G, Kiskenda menuturkan, dirinya belum tahu Telkomsel akan mendapatkan berapa besar. "Kita serahkan kepada pemerintah. Kami siap ikut tender jika pemerintah mengatur demikian," kata dia.
Lisensi frekuensi 3G yang dialokasikan pemerintah sebanyak 60 Mhz. Saat ini, tersisa 15 Mhz. Selebihnya dibagikan kepada beberapa operator, di antaranya sebanyak 15 MHz telah dialokasikan kepada PT Cyber Access Telecommunications (CAC), dan 10 MHz kepada Lippo Telecom.
Selain Telkomsel, yang telah melakukan ujicoba 3G adalah CAC. Sedangkan PT Indosat Tbk akan melakukan uji coba pada Agustus 2005 di Surabaya.
Kiskenda menegaskan, pihaknya mengalokasikan modal kerja tersendiri untuk layanan 3G. "Investasi di luar yang US$ 700 juta. Saya belum tahu berapa," jelas mantan Kadivre II Telkom itu.

Target 25 Juta
Kiskenda menjelaskan, Telkomsel menargetkan total pelanggan perseroan hingga akhir 2005 akan mencapai 25 juta pelanggan. Target tersebut merevisi target sebelumnya sebesar 22 juta. “Hingga Juli ini, Telkomsel telah meraih 22,5 juta atau meningkat lebih dari enam juta pelanggan, dari jumlah pelanggan akhir 2004,” tutur Kiskenda.
Ia menambahkan, dengan jumlah pelanggan tersebut, Telkomsel kini telah dipercaya melayani lebih dari 55% pengguna selular di Indonesia.

Resmikan TTC
Telkomsel meresmikan Gedung TTC Makassar yang merupakan pusat beroperasinya infrastruktur, seperti mobile switching centre (MSC), value added service (VAS), base station center (BSC), intelligent network (IN), dan information technology (IT).
Pembangunan TTC Makassar juga sebagai salah satu upaya Telkomsel menggelar high performance network secara menyeluruh melalui peningkatan kapasitas handling, ketersediaan transmisi dan penggelaran jaringan selular terluas. Di samping TTC di Makassar ini, Telkomsel telah mengoperasikan TTC di berbagai wilayah Indonesia, antara lain Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Solo, Batam, Manado, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Pontianak
Kiskenda menjelaskan, TTC Makassar menjadi sentral pelayanan jaringan yang di dalamnya terdapat MSC baru berkapasitas melayani hingga 1,7 juta pelanggan untuk wilayah Sulawesi Selatan, Tengah dan Tenggara. Sedangkan, wilayah Sulawesi lainnya dilayani MSC Manado yang berkapasitas satu juta pelanggan. Sehingga jaringan Telkomsel untuk keseluruhan Sulawesi berkemampuan melayani hingga 2,7 juta pelanggan.
Kehadiran TTC Makasar ini, lanjut Kiskenda, juga sebagai wujud konsistensi kepedulian Telkomsel dalam komitmennya mendukung kemajuan wilayah bagian timur Indonesia, dalam hal penyediaan prasarana telekomunikasi selular berkualitas. Kini, di seluruh wilayah Sulawesi-Maluku-Papua, Telkomsel telah mengoperasikan sembilan MSC, yang terdiri atas, empat unit di Makassar, dua unit di Manado serta masing-masing satu unit di Ambon, Jayapura dan Timika. Keseluruhan MSC tersebut berkemampuan melayani 3,8 juta pelanggan.
Tercatat, saat ini pelanggan Telkomsel di wilayah Sulawesi-Maluku-Papua telah mencapai sekitar 1,9 juta pelanggan dan khusus Sulawesi saja berjumlah sekitar 1,3 juta pelanggan.
MSC merupakan perangkat yang berfungsi untuk mensukseskan hubungan komunikasi antar pelanggan, baik yang menggunakan seluler ke fixed phone maupun antar sesama seluler. Kesembilan MSC di wiayah Sulawesi-Maluku-Papua didukung oleh 40 unit BSC beserta 639 unit BTS yang telah melayani seluruh Kabupaten, yakni 52 Kabupaten di Sulawesi, 16 Kabupaten di Maluku dan 29 Kabupaten di Papua. Sedangkan untuk melayani sampai tingkat kecamatan, Telkomsel akan menambah BTS baru sedikitnya 380 unit hingga akhir 2005 dan diharapkan di akhir 2006 seluruh kecamatan sudah terlayani. (ed)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home